Lina Marlina Oktaviana 1111E1057

Minggu, 12 Agustus 2012

Fungsi Lookup pada Microsoft Excel


Sebelum kita mempelajari rumus fungsi Lookup ada baiknya kita kenali terlebih dahulu Lookup itu apa dan kegunaannya untuk apa.
Rumus fungsi Lookup adalah rumus fungsi yang digunakan untuk mencari suatu nilai berdasarkan table tertentu. Fungsi dari Lookup sendiri terdiri dari dua bagian yaitu Vlookup dan Hlookup.

1. VLOOKUP

Vlookup adalah rumus fungsi yang digunakan untuk mencari nilai dari suatu vertical. Rumus fungsi yang digunakan dalam Vlookup yaitu :

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;range_lookup)

·         Penjelasannya :

Lookup_value
Table_array
Col_index_num
Range_lookup

·         Contohnya :

Laporan perhitungan gaji dari suatu perusahaan di PT.Abadi sebelum membuat rumus fungsi untuk menyelesaikan kasus tersebut, ada baiknya nada merubah nama sel H6:K10 menjadi “ Rumus fungsi yang digunakan untuk mengisi :
1.     Gaji pokok
=Vlookup(B6;v
Dan ini adalah nilai yang akan ditemukan pada kolom pertama di table tersebut, dapat berupa nilai, referensi, atau text
2.    Uang Makan
=Vlookup(B6;v
Table dari text, nomor, atau nilai logika dimana data akan diambil. Table array dapat berupa referensi range atau nama sel.
3.    Tunjangan
=Vlookup(B6;v
Jumlah kolom dalam table_array dikembalikan. Kolom pertama dari nilai .
4.    Total
=SUM(C6;E6)
Nilai logika, untuk menemukan pertama, (diurutkan dalam urutan membesar menemukan yang sama persis = false. Dan table yang sesuai dengan rumus dan data tersebut dan nilai yang mendekati nilai membesar) = true atau di hilangkan .

2. HLOOKUP

Hlookup adalah rumus yang digunakan untuk mencari nilai dari suatu table secara horizontal. Rumus fungsi yang digunakan yaitu :

=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;range_lookup)

·         Penjelasannya yaitu :
1.     Gaji pokok
=Hlookup(B6;
Dan ini adalah nilai yang akan ditemukan pada kolom pertama di table tersebut, dapat berupa nilai, referensi, atau text
2.    Uang Makan
=Hlookup(B6;
Table dari text, nomor, atau nilai logika dimana data akan diambil. Table array dapat berupa referensi range atau nama sel.
3.    Tunjangan
=Hlookup(B6;
Jumlah baris dalam table_array dikembalikan. Kolom pertama dari nilai .
4.    Total
=SUM(C6;E6)
Nilai logika, untuk menemukan pertama, (diurutkan dalam urutan membesar menemukan yang sama persis = false.

Mungkin hanya ini yang bisa saya jelaskan tentang fungsi dan bagian dari Lookup, semoga artikel ini bisa membantu anda didalam tugas pekerjaan anda.






TERIMAKASIH … ^_^





2 komentar: